Sabtu, 25 April 2009

Porwanas X Palembang Pertandingkan 12 Cabor

Setelah Kaltim sukses menyelenggarakan Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) IX 2007 lalu di Samarinda. Kini giliran Sumsel menyelenggarakan Porwanas X-2010 yang dilangsungkan di Palembang. Direncanakan akan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Hal ini sesuai keputusan Rapat Kelompok Kerja (Pokja) SIWO PWI di Jakarta, belum lama ini.
Ke-12 cabang tersebut adalah sepakbola, biliar, catur, voli, futsal, atletik, bulutangkis, bridge, dayung, boling, tenis lapangan dan tenis meja. Salah satu di antara hal yang menarik dari Pokja adalah terjadinya pembatasan usia dari atlet yang akan tampil di beberapa cabang, seperti pembatasan usia di kelompok 35 tahun ke atas dan 40 tahun ke atas.
Bahkan cabang sepakbola dan voli diusulkan pemainnya berusia di atas 30 tahun. Dan seluruh cabang syarat usia minimal adalah 25 tahun sebagai anggota biasa PWI.
Dengan melihat kasus-kasus dari Porwanas sebelumnya, guna mengantisipasi adanya indikasi atlet yang bukan wartawan, maka Pokja merekomendasikan membentuk dewan hakim. Selain itu, seorang atlet maksimal hanya boleh mengikuti dua cabang olahraga.
Mengenai tanggal pelaksanaan akan ditentukan dalam Rakernas SIWO pada Juli mendatang di Palembang. Tetapi Ketua SIWO PWI Jaya, Kamsul Hasan berharap pelaksanaannya tetap pada bulan Februari 2010 bersamaan Hari Pers Nasional. "Usahakan Februari, HPN dulu baru Porwanas atau sebaliknya," ujarnya.
Porwanas juga akan diselingi dengan beberapa kegiatan lain di antaranya seminar olahraga dan perduli lingkungan hidup seperti penanaman pohon dan penebaran bibit ikan. Pokja SIWO dihadiri 12 dari 13 perwakilan SIWO daerah. Bali merupakan SIWO yang absen kali ini. Ke-12 daerah tersebut adalah DKI, Jabar, Jateng, Jatim, Kaltim, Riau, Lampung, Sumut, Sulsel, Kalsel, Papua dan tuan rumah Porwanas X Sumsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar