Rabu, 04 Agustus 2010

Praktek Menghipnosis Diri

Reiki Master Ir. Yan Nurindra tatkala akan memberikan attunement masal tatap muka dalam pelatihan Kundalini Reiki 5 tahun lalu pernah berujar bahwa Hipnoterapi adalah teknik menghipnotis diri sendiri. Karena itu setiap orang sebenarnya dapat melakukan sendiri praktek hipnoterapi, asalkan tahu caranya. Yang paling sederhana bersifat umum tidak harus seorang praktisi reiki, semua orang dapat mempraktekkan hipnoterapi. Kuncinya adalah membuat diri sendiri serileks mungkin lebih dulu, terutama menjelang tidur malam hari dan saat bangun tidur di pagi hari.

Salah seorang peserta lalu maju ke depan dan memperagakan diri sendiri bagaimana cara menghipnosis diri sendiri dengan panduan Pan Yan. Ia diminta duduk dengan santai dan ditanyakan kepadanya apakah sering mengalami imsonia? Peserta ini lalu menjawab sebelum belajar reiki ia memang menderita imsonia alias susah tidur. Tetapi setelah menjadi praktisi reiki dari tradisi reiki tertentu ia gampang sekali tertidur pada saat ia melakukan praktek self healing. Kenapa bisa begitu?

Kuncinya adalah pada saat kita mempraktekkan self healing sesungguhnya kita sedang menyalurkan energi reiki pada diri sendiri. Energi reiki yang lembut terkadang sensasi panas, sejuk bahkan dingin menyengat bisa menembus lapisan tubuh fisik, mental dan emosional. Ketika energi reiki menyentuh lapisan tubuh mental di mana di dalam tubuh mental ini biasa tersimpan memori masa silam yang susah dihilangkan, ketika praktek reiki lapisan tubuh ini akan tersentuh energi reiki yang menjadikannya memori negative akan dibongkar sehingga dia bisa melepaskan semua memori negative nya. Akibatnya banyak peserta yang ketika menerima transfer energi baik tatap muka atau jarak jauh terkadang tanpa kendali bisa melepaskan emosinya, menangis tersedu-sedu bahkan berteriak histeris. Tetapi setelah itu ada perasaan lega menjadikannya dia menjadi tenang sikapnya.

Praktek self hipnosis untuk orang yang susah tidur sebagaimana diperagakan oleh peserta dengan panduan Pak Yan dalam ilustrasi di atas, harus memperhatikan peranan affirmasi. Karena itu sangat perlu menanamkan sugesti ke dalam alam bawah sadar dengan mengulang terus menerus kalimat affirmasi dari ucapan lambat lalu sedikit dipercepat intonasinya. Ketika peserta ini sudah duduk rileks di depan kelas lalu diminta memejamkan mata. Dia diminta menirukan ucapan, ” Saya akan tidur nyenyak malam ini.” Affirmasi ini diucapkan berulang-ulang dengan tenang dan santai. Saat kalimat affirmasi ini perlahan-lahan sudah menyentuh ke dalam alam bawah sadar peserta, ia pun tanpa sadar terus mengulangi affirmasi ini tetapi mata semakin lengket dan akhirnya ia pun tertidur pulas di kursi peserta.

Peserta ini baru bangun tidur di kursi peserta ketika sesi attunement akan diberikan kepada semua peserta. Ketika ditanya apa yang dirasakan ketika pertama kali mulai mengucapkan affirmasi tadi dan terus diulang-ulang tanpa henti, ia pun menjawab, ” Dalam kondisi rileks, pikiran mulai terfokus kepada redaksi affirmasi, ia mulai malas untuk membuka mata. Semakin ingin ia membuka mata, mata pun semakin lengket menutup rapat dan akhirnya ia jatuh tidur pulas, katanya sambil tertawa renyah dan berkata bahwa mempraktekkan self hipnoterapi atau self hipnosis sangat gampang asalkan ada niat dan kemauan dalam diri sendiri dan jangan ada penolakan.

Contoh lain dalam praktek hipnoterapi misalnya Anda esok hari akan melakukan sidang skripsi kesarjaan Anda, pada malam hari sebelum tidur, ketika tubuh dan pikiran rileks, bayangkan anda sedang memberikan presentasi dengan sangat lancar dan sukses. Lalu masih dalam kondisi rileks seperti ini mulai berikan affirmasi, ” Saya bisa melakukan presentasi dengan baik.” Terus ulangi kalimat affirmasi ini dengan tenang. Demikian pula bagi seorang atlet olahraga yang hendak bertanding esok harinya, ketika malam tiba sebelum tidur, selama masa persiapan laga tidak ada salahnya melakukan visualisasi pertandingan yang menyenangkan dan tanpa beban yang intinya ingin sukses menang pertandingan dengan cara ksatria.

Semua sahabat sehat dengan kundalini reiki yang belum kenal dengan praktek reiki dan selalu diganggu kecemasan setiap saat dengan penuh rasa was-was coba lakukan tips sederhana ini. Coba Anda duduk dengan posisi nyaman. Tidak ada ketegangan pada otot tubuh. Buat rasa nyaman dalam tubuh dan buang jauh-jauh perasaan cemas yang menghantui selama ini. Mulai tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan pelan-pelan sampai napas habis di dada. Ulangi tarik dan buang napas hingga beberapa kali ulangan. Mulai tenangkan diri dan bernapas alami kembali. Napas jangan diatur keluar masuknya.

Amati dan rasakan napas yang keluar dan masuk hidung. Buat rileks setiap bagian tubuh bagian per bagian, mulai dari kepala hingga kaki atau kebalikannya. Anda pun bisa mengulang rileksasi ini bolak balik sampai benar-benar mendapatkan rasa serileks-rileksnya. Setelah merasa rileks, mulai visualkan atau ingat kembali ketika Anda mengalami suasana atau pengalaman yang sangat menyenangkan. Pertahankan terus kondisi rasa menyenangkan ini. Terus hayati perasaan nyaman, tenteram, menyenangkan hati ini selama mungkin. Setelah siap baru ucapkan affirmasi dalam hati, “Dalam kondisi senyaman ini, saya bebas dari rasa takut dan cemas.”

Atau Anda semua yang sudah mempunyai website replika, tidak ada salahnya selalu mempraktekkan self hipnosis agar website replika Anda mendapatkan kunjungan orang banyak dan melakukan pemesanan. Mulai sekarang ini rancang affirmasi yang tepat untuk keperluan itu karena energi materialisasi reiki masih akan terus mengalir ke dalam website tersebut. Kunci daripada hipnoterapi adalah sugesti yang langsung masuk ke dalam alam bawah sadar seseorang yang dihipnosis. Silahkan praktekkan hipnosis untuk tujuan positip.(http://vtrediting.wordpress.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar